Powered By Blogger

Sunday, October 28, 2012

Mimpi Buruk?


Ada yang pernah ngalamin mimpi buruk? pasti pernah kan? entah lo dikejar hantu lah atau orang yang lo kenal ngalamin hal buruk atau yang lainnya deh. "Untung cuman mimpi" biasanya gitu  ucapan yang keluar abis kita ngalamin mimpi buruk. Mimpi buruk bisa dialamin sama siapa aja. Gapake mandang umur sama jenis kelamin. Mimpi buruk tuh asli yah gaenak banget. Cuman gara-gara mimpi kita jadi bisa terus kepikiran sama mimpi itu dan jadi gaberani buat tidur lagi. Ada yang tau penyebabnya? gatau? okeh kalo gatau boleh dibaca nih!

1. Kecemasan dan stress. 
Rasa cemas dan stress sering terjadi gara-gara kejadian traumatik di masa lalu. menurut penelitian dari International Association for the Study of Dreams, sebuah operasi besar, kehilangan orang yang dicintai, dan ngeliat kecelakaan tragis bisa jadi pemicu mimpi buruk.




Post traumatic stress disorder (
PTSD) juga merupakan penyebab utama mimpi buruk yang berulang-ulang. Gak hanya trauma yang menyebabkan mimpi buruk, tapi juga stres yang dialami sehari-hari kaya bangkrut, masalah keuangan, ataupun perceraian.

2. Makanan pedas. 
Kapan dan apa yang dimakan bisa ngeganggu istirahat di malam hari, termasuk kecenderungan buat dapet mimpi buruk. Sebuah penelitian dalam International Journal of Psychophysiology ngebandingin kualitas tidur antara orang yang makan makanan berbumbu dan non-bumbu. Orang yang makan makanan pedes lebih sering kebangun dan punya kualitas tidur yang rendah. 


Makanan pedas kebukti bisa ningkatin suhu tubuh trus berakibat ke gangguan tidur. Hal ini mungkin juga bisa jadi alasan kenapa beberapa orang dapat mimpi buruk ketika mereka baru makan menjelang tidur malam. Beberapa studi melaporkan kalo makan pas  mendekati waktu tidur bisa memengaruhi metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak sehingga menyebabkan mimpi buruk.

3. Makanan berlemak. 
Beberapa penelitian udah nunjukkin, semakin banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kemungkinan besar jumlah dan kualitas tidur juga akan semakin berkurang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports nemuin kalo mimpi orang yang konsumsi makanan organik beda sama orang yang makan junk food.



4. Alkohol. 
Alkohol itu bahan yang bersifat antidepresi yang bisa ngebantu untuk tertidur dalam jangka pendek. Namun, abis efeknya hilang, alkohol justru bakal ngebuat lo jadi susah tidur. Kelebihan minum juga bisa bikin mimpi buruk.


5. Obat-obatan. 
Beberapa jenis obat termasuk antidepresi, barbiturat, dan narkotika dapat nyebabin mimpi buruk sebagai efek samping penggunaannya. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Psychopharmacology, diungkapkan kalo ketamin obat yang digunain dalam anestesi bakal ngebuat ketidaknyamanan tidur dan mimpi buruk jika dibandingin sama obat lainnya.

6. Penyakit. 
Berbagai jenis penyakit termasuk demam, atau flu, sering memicu mimpi buruk dan gangguan tidur lainnya.

 > Nah itu tuh kira-kira yang bisa nyebabin mimpi buruk. Oke! sekiannnnn~

No comments:

Post a Comment