Powered By Blogger

Saturday, November 3, 2012

Insomnia

Insomnia? gatau insomnia? oke deh dikasih tau, insomnia itu kelainan tidur kaya kesulitan berulang buat tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan buat tidur. masih bingung? intinya insomnia itu kesulitan buat tidur yang terjadi berulang-ulang. Banyak penderita insomnia tergantung sama obat tidur dan zat penenang lainnya biar dia bisa istirahat. Dampak negatif obat itu adalah ketergantungan, jadinya kalo ga minum obat tidur atau zat penenang jadi gabisa tidur. 

Insomnia bukan penyakit, tapi suatu gejala yang punya berbagai penyebab, kaya gangguan emosional, misalnya kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang susah tidur karena badan dan otaknya ga lelah. Kadang juga mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresiOrang yang pola tidurnya terganggu bisa ngalamin irama tidur yang kebalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur. 



Penyebab umum insomnia itu biasanya depresi, sindrom post trauma, obat-obatan psikotropika, stress karane bebean pikiran terlalu banyak, tegang, cemas atau kekhawatiran terhadap suatu masalah yg terlalu terdramatisir dalam pikiran. 

cara buat nyembuhinnya
- siang/sore harinya jangan tidur, biar malemnya capek trus jadi cepet tidur
- pasang Ac/kipas angin yang bisa bikin udara sejuk, jadi nyaman, trus bisa bikin tidur lebih cepet
- usahain jangan nonton tv sampe larut malem
- biasain tidur sebelum jam 9 selama beberapa bulan kedepan
- sebelum tidur jangan mikir yang berat-berat yang bisa bikin otaknya bekerja dan akhirnya malah gelisah
- dengerin lagu, kalau bisa lagu yang nyelow, atau lagu klasik. jangan lagu rock-.-
- rileks-in otak
- baca doa sebelum tidur
kalo cara diatas tetep belum bisa nyembuhin insom lo, kasih tau ke orang tua dan minum obat tidur dalam dosis cukup, tapi jangan sampe ketergantungan yaa.

nah udah tau insom itu apa kan? okee, see yaa!

No comments:

Post a Comment